RSS

Pentingnya Belajar OOP

16 Feb

Akhir pekan mari kita sante sejenak dari rutinitas kita ^_^ Sambil sante mari kita sharing opini agar semakin membuka wawasan kita akan dunia pemrograman.

OOP atau Object Oriented Programming adalah sebuah paradigma pemrograman yang menjadikan setiap unsur-unsur dari pemrograman sebagai object. OOP sendiri begitu populer saat ini dan hampir semua bahasa mendukung konsep tersebut sehingga menurut hemat saya akan sangat merugi kalau sampe kita tidak bisa menguasainya.

OOP mendukung management code, komunikasi antara code, skalabilitas, packaging dan banyak lagi lainnya. Hal ini akan sangat membantu dalam pembuatan aplikasi berskala enterprise. Selain itu akan mengurangi penulisan code yang diulang-ulang (reuse) yang pada akhirnya akan mempercepat pembuatan aplikasi kita.

Selain itu bagi yang sudah menggunakan Framework, sepertinya penggunakan OOP tidak bisa dihindari karena hampir semua Framework yang ada disemua bahasa pemrograman berbasis OOP. Ini pulalah yang membuat urgensitas belajar OOP menjadi paling utama.

Kemudian dilihat dari segi kebutuhan pasar, dengan kemampuan OOP nilai tawar kita kepada Perusahaan akan meningkat dan bila ditambah menguasai satu Framework akan lebih hebat lagi. Bisa dibayangkan gaji seorang lulusan SMA dengan kemampuan OOP PHP, Framework CodeIgniter, jQuery pada tahun 2011 saja bisa mencapai 4.Yjt (tentunya tergantung negosiasi dan lainnya), pastinya kalau lulusan S1 atau D3 akan lebih lagi.

Bila ingin menjadi freelancer, kemampuan OOP dan Framework penting karena menjanjikan kecepatan dan kemudahan dalam membangun aplikasi.

Akhirnya semua kembali kepada cara pandang dan berfikir masing-masing

Semoga bermanfaat πŸ™‚

#maaf nulis asal dan ga nyambung

 
5 Comments

Posted by on February 16, 2013 in Sante

 

5 responses to “Pentingnya Belajar OOP

  1. Martabak Angus

    February 17, 2013 at 4:57 am

    mastah saya ingin bertanya apakah CI juga menggunakan Sistem OOP ?

     
    • copascode

      February 17, 2013 at 7:29 am

      CI menggunakan OOP namun belum FULL OOP bahkan untuk corenya malah berupa kumpulan fungsi2 biasa πŸ™‚

       
      • virmansyah

        February 18, 2013 at 8:45 am

        lalu untuk Framework PHP yang FUll OOP apa ya?

         
  2. tomo

    February 18, 2013 at 10:41 am

    OOP memang penting sekali untuk menjadi programmer yang lebih maju selangkah… he… dua langkah deh… Saya sendiri nggak merasa OOP mutlak berkaitan langsung dengan salary seorang programmer, tapi yang sudah jelas OOP sangat membantu untuk pembuatan aplikasi.

    nice artikel bro.

     
    • copascode

      February 18, 2013 at 1:42 pm

      Bagi yang kerja di Software House kemampuan OOP bisa dibilang wajib mas bro hehe… Kalo menentukan salary atau ga… ya memang ga menentukan banget kalo cuma bisa OOP tapi OOP harus ditambah dengan penguasaan Framework πŸ™‚

      Thanks bro udah comment πŸ™‚

       

Leave a comment